AKSI HEROIK DANDIM 1304/GORONTALO ATASI BANJIR DI BONEBOLANGO

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Sungai Bone kembali meluap setelah hampir seluruh wilayah Provinsi Gorontalo di Guyur Hujan, sehingga mengakibatkan banjir di beberapa daerah di Kabupaten Bonebolango, salah satunya di Wilayah Kecamatan Suwawa.

Dandim 1304/Gorontalo, Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos bersama anggota Babinsanya di Koramil setempat, terjun langsung ke lokasi banjir tepatnya di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bonebolango, Kamis (11/6/2020).

Tanpa menggunakan bantuan perlengkapan khusus dalam penanganan bencana, Dandim Gorontalo yang saat itu masih menghunakan sergam lengkap, spontan masuk ke tengah-tengah lokasi banjir untuk membantu warga sekitar yang rumah beserta lahannya sudah terendam oleh luapan air.

Kepanikan beberapa pemuda dan warga setempat berubah menjadi motivasi dalam bahu membahu mengahdapi bencana itu saat melihat Dandim Gorontalo tanpa ragu mengambil langkah untuk ikut menangani musibah banjir tersebut.

Sejumalah Desa yang terkena luapan banjir di Kabupaten Bonebolango diantaranya Desa Tolomato, Lompoto’o dan beberapa Desa yang berada di sekitar bantaran sungai Bone.

Hujan yang berlangsung sekitar 10 jam, mengakibatkan beberapa lahan-lahan milik warga yang digunakan sebagai sarana bercocok tanam dan kegiatan tani lainnya, terendam oleh air yang saat itu semakin naik. Volume air dari luapan arus sungai bone mencapai setinggi pinggang orang dewasa atau kurang lebih 70-90cm.

Bencana ini juga berdampak pada sejumlah anak sungai yang berada di wilayah Bonebolango meluap dan meluber hingga ke pemukiman dan sejumlah desa lainnya di kecamatan Suwawa.

Letkol Allan Surya Lesama mengatakan, evakuasi yang dilakukan pihaknya adalah semata-mata sebagai bentuk tanggungjawabnya sebagai pimpinan teritorial wilayah binaan, serta sebagai wujud kepedulian terhadap sesama tanpa memikirkan golongan apapun.

“Banjir bukan hal yang dianggap remeh dalam penanganannya. Disamping kapasitas saya sebagai pimpinan di wilayah teritorial, saya selaku manusia biasa, merasa tergerak hati untuk ikut membantu warga sekaligus sodara kami yang tertimpa musibah, “tutur Dandim.

“Terhitung dari hari ini, kami telah memerintahkan kepada seluruh anggota Koramil jajaran Kodim 1304/Gorontalo untuk bersiaga terhadap kemungkinan adanya banjir susulan dan kami pun segera berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pengananan bencana alam ini, “tambahnya.

“Selain itu kami juga sudah memerintahkan kepada anggota agar sigap memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan bantuan dan langsung segera melakukan evakuasi,” sambung Dandim.

Lebih lanjut Dandim 1304 mengimbau kepada warga agar selalu waspada dan bersiap siaga terhadap kemungkinan timbulnya bencana banjir dadakan yang sewaktu-waktu datang.

“Jika warga memerlukan bantuan kami baik TNI dan POLRI, segera menghubungi kantor Koramil atau Polsek terdekat untuk meminta bantuan dan diharapkan tidak panik, ” pintanya.

Sejumlah aparat Koramil Jajaran Kodim Gorontalo saat ini sedang bersiaga dan menyiapkan perlengkapan siaga bencana termasuk penyiapan bantuan untuk warga yang tertimpa musibah. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *