Babinsa & Bhabinkamtibmas Dampingi Tim Verifikasi Kecamatan

Serda Ketut Widiarta Babinsa Ramil 1304-04/Tapa Kodim 1304/Gorontalo dan Brigpol Hasri Bhabinkamtibmas Polsek Tapa hari ini Kamis 05 Desember 2019 melaksanakan pendampingan Tim Verifikasi dari Kec. Bulango Selatan di desa. Binaanya yaitu Desa Huntu Utara. Kunjungan Tim Verifikasi Kec. Bulango Selatan di Ds. Huntu Utara kali ini dipimpin langsung oleh Bapak Hi. Sukrianto Katili.

Menurut Keterangan Babinsa Ramil 1304-04/Tapa Serda Ketut Widiarta Sasaran Pemeriksaan yang di lakukan oleh Tim Verifikasi yaitu seluruh Penyaluran bantuan dengan menggunakan Anggaran Dana Desa tahun 2019 yaitu bantuan jamban keluarga 15 unit, Air bersih 13 buah, rehab Rumah 6 unit, Hunian pantas 2 Unit dan 5 perehaban sanggar tani yang berada di Ds. Huntu Utara.

Dalam Tugas dan Tanggung Jawabnya Tim Verifikasi bertugas memeriksa kelengkapan dokumen setiap usulan yang diajukan masing-masing desa, melakukan observasi lapangan untuk memeriksa kesesuaian yang ditulis dalam usulan  dengan fakta  di lapangan, memeriksa kesesuaian usulan dengan kriteria dan tujuan PNPM Mandiri Perdesaan, serta bersama dengan BKAD memeriksa keterkaitan usulan antar desa sebagai suatu konsep pengembangan wilayah. menyampaikan usulan kegiatan kepada Fasilisator Kabupaten agar dilakukan pemeriksaan kembali, membuat rekomendasi terhadap hasil pemeriksaan usulan kegiatan, menyampaikan dan menjelaskan  rekomendasi hasil pemeriksaan  usulan kegiatan kepada peserta  MAD.

Fungsi Babinsa dalam Pelaksanaan Verifikasi ini yaitu ikut mengawasi jalanya kegiatan verifikasi agar sesuai dengan prosedur yang berlaku serta memperoleh data – data yang akurat tentang realisasi penggunaaan dana desa yang telah di rencanakan dan dilaksanakan oleh Desa sesuai dengan Program Anggaran yang telah di tentukan. Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga ikut melaksanakan pemeriksaan terhadap kinerja Aparat Pemerintahan agar dalam pengambilan kebijakan mengarah kepada kesejahteraan Rakyat.

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *