Babinsa Kodim 1304/Gorontalo Bangun 1000 Jamban Untuk Kesejahteraan Rakyat

Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana mengatakan bahwa bahwa pembinaan terhadap masyarakat pedesaan, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan kumuh, daerah terpencil/terisolir, sangat penting dalam membangun pertahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan  kesatuan bangsa. Upaya kita TNI AD dalam hal ini Kodim 1304/Gorontalo sebagai satuan teritorial yakni membantu pemerintah daerah untuk memberdayakan wilayah dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia, yang merupakan salah satu penopang utama bagi kekuatan dan kokohnya kedaulatan negara. Menjaga Kesehatan dalam segi pemberdayaan pertahanan negara merupakan salah satu upaya dalam memperkokoh Kedaulatan Negara.

Sesuai dengan Tugas Pokok TNI-AD khususnya tugas OSP (Operasi Selain Perang) dalam mewujudkan ketahanan Nasional Kodim 1304/Gorontalo Salah satunya yaitu Bakti TNI, kegiatan Bakti TNI bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, kesehatan masyarakat mempengaruhi kesejahteraan Rakyat.  Sesuai Data dari Kemenkes Ri Sekitar 30% atau 20 Juta Kepala Keluarga Penduduk Indonesia belum memiliki Jamban keluarga. Jamban Tidak Sehat Penyebab Utama Penyakit Infeksi Usus Seperti Diare, Kolera, Disentri, Tifus, Hepatitis dll untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan Jamban yang sehat Kodim 1304/Gorontalo melaksanakan kegiatan yang di beri mana GEMA SANG JUARA (Gerakan Masyarakat Membangun Sejuata  Jamaban Untuk Keluarga Indonesia) kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan gerakan satu KK memiliki satu Jamban sehat khusunya di wilayah Provinsi Gorotalo, wujud bakti TNI AD dalam pencapaian sanitasi layak Indonesia tahun 2019.

Kegiatan gerakan membangun seribu jamban yang dilakukan oleh Kodim 1304/Gorontalo untuk memenuhi kebutuhan Sanitasi masyarakat untuk membudidayakan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. 

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *