Babinsa Koramil 1304-04/Tapa dan Masyarakat Bersihkan Sampah Penyumbat Bendungan

Irigasi sangat penting untuk menyediakan dan mengatur air dalam menunjang proses produksi pertanian, bisa dikatakan air adalah kebutuhan utama bagi Proses Produksi Pertanian. Tidak bisa dibayangkan nasib tanaman pertanian jika air yang mengalir ke persawahan tidak mencukupi. Bendungan berfungsi menampung air dan mengalirkan ke daerah yang memerlukan serta mendistribusikan secara teknis dan sistematis ke Persawahan.

Namun tidak seperti halnya keadaan Bendungan Pilohayanga Kab. Gorontalo terlihat di beberapa pintu saluran air terdapat sumbatan – sumbatan sampah dan ranting-ranting yang menutupi pintu- pintu saluran irigasi. Serda Resmi Nur Babinsa Koramil 1304-04/Tapa segera mengambil inisiatif Bersama masyarakat Desa Sukadamai  melaksanakan pembersihan sampah di Bendungan Pilohayanga setelah mendengar keluhan dari para Petani Desa Sukadamai bahwa Saluran air irigasi yang selama ini mengairi persawahan Desa Sukadamai sangat sedikit dikarenakan terganggunya pintu air irigasi di bendungan Pilohayanga oleh sampah dan ranting-ranting pohon yang ikut hanyut dari aliran sungai

Mengingat betapa pentingnya irigasi dalam produksi pertanian Babinsa 1304-04/Tapa bersama masyarakat melaksanakan pembersihan di Pintu-Pintu saluran Irigasi bertujuan agar debit air kembali normal mengairi persawahan  mereka, kegiatan yang dilakukan yaitu membersihkan ranting – ranting dan sampah yang menutupi bendungan yang mengakibatkan aliran air yang mengalir ke irigasi menjadi berkurang sehingga berdampak terganggunya suplay air ke persawahan Warga yang mencapai seluas 1.045 hektar.

(Red-1304-Taufik)

 

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *