Babinsa Promotori Aktifkan Kembali Pos Kamling

Fungsi dan Peran Pos Kamling yang sudah mulai memudar dan hilang berlahan seiring dengan perkembangan jaman di tambah lagi kesibukan warga yang bisa dibilang sangat kompleks membuat Jajaran Kodim 1304/Gorontalo melalui Babinsa mempromotori aktifkan Kembali Pos Kamling yang ada di Wilayah Binaanya.

Peristiwa Bencana Ombak besar yang sempat nenelan korban di awal Tahun 2020. Membuktikan Bahwa Sistem Keamanan Lingkungan sudah mulai memudar. Peringatan bencana pun sudah tidak lagi ada akibat tidak berfungsinga Pos Kamling yang ada di wilayah.

Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Arnold A.P. Ritiaw melihat Fungsi dan Peran Poskamling yang begitu sangat penting tidak boleh hilang begitu saja. Pada Saat Apel Gabungan Jajaran Korem 133/Nani pada hari senin 13 Januari 2020 mengintruksikan kepada Babinsa jajaranya untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling yang ada di wilayah Binaan Masing- Masing. Serta Membuat Sarana Komunikasi Darurat seperti Kentongan agar Peringatan dini bencana alam dapat di ketahui oleh seluruh warga.

Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos menjelaskan bahwa untuk mewujudkannya lingkungan yang aman dan nyaman serta siaga bencana memang perlu dibangun kembali pos sistem keamanan lingkungan atau Poskamling dan pos jaga di sekitar wilayah tempat tinggal warga. Dalam hal ini dirinya menegaskan bahwa Peran Babinsa Jajaran Kodim 1304/Gorontralo harus mampu membina kesadaran warga untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling di wilayah Binaan Masing-Masing.

Alat Komunikasi Tradisional Kentongan merupakan alat komunikasi darurat yang efektif dibanding dengan alat kominkasi lain. Kentongan bisa di gunakan meski di wilayah tersebut tidak ada aliran listrik maupun Signal Telephone. Kentongan berfungsi sebagai alarm kepada warga jika terjadi musibah atau bencana di wilayah tersebut.

Kami menghimbau Kepada Seluruh Warga agar kembali mengaktifkan Pos Kamling yang ada di wilayah Masing – Masing guna Deteksi dini dan cegah dini Kejahatan dan Musibah bencana demi keselamatan, keamanan serta kesejahteraan kita bersama. Tegas Dandim

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *