Babinsa Ramil 1304-05/Suwawa Latih Paskibra Pemuda – Pemudi Pinogu.

Pinogu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, yang berpenduduk 2.040 jiwa. Kec. Pinogu berada di pedalaman hutan kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dan termasuk daerah terisolir Letak Pinogu sebenarnya tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 30 kilometer dari Desa Tulabulo, Kecamatan Suwawa Timur, yang menjadi satu-satunya pintu masuk menuju Pinogu. Ada tiga cara menuju Pinogu, yakni lewat udara dengan helikopter, berjalan kaki menembus hutan dan melewati lereng gunung, atau naik ojek dengan ongkos sekali jalan Rp 500.000. Bagi kebanyakan warga Pinogu, keluar dan kembali ke desa mereka hanya mungkin dilakukan dengan berjalan kaki. Perlu fisik prima dan mental baja untuk berjalan kaki menuju Pinogu. Bagi yang belum terbiasa, perlu waktu 9-10 jam berjalan kaki ke Pinogu. Menembus hutan, menyeberangi anak sungai dan Sungai Bone, mendaki dan menyusuri lereng bukit.

Namun Rintangan Alam yang ada tersebut tidak menghalangi semangat Masyarakat Pinogu untuk merayakan hari Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019. Babinsa Ramil 1304-05/Suwawa dengan berjalan kaki menempuh waktu 9-10 jam untuk sampai di kecamatan Pinogu untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan Paskibra di Kec. Pinogo.

Jiwa Nasionalisme sama sekali tidak luntur terlihat dari semangat Pemuda dan Pemudi dalam mengikuti Latihan Paskibra dalam rangka pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI ke 74 di Kec. Pinogu. Babinsa Koramil 1304-06/Suwawa Sertu Heri Harun mengatakan bahwa kami sangat salut dengan semangat pemuda pemudi Pinogu meski mereka tinggal di daerah yang terisolir jiwa nasionalisme masih tertanam kuat di jiwa mereka. saat kami latih mereka sangat antusias dalam menghadapi perayaan HUT RI ke 74 Tahun 2019 ini. Ucapnya.

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *