BERSAMA KELOMPOK TANI, BABINSA BANTU WARGA TANAM BIBIT TOMAT

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Sinergitas TNI dalam hal ini Kodim 1304/Gorontalo bersama Rakyatnya selalu ditunjukan disetiap moment dan kegiatan di desa binaannya, dibidang teritorial melalui Komsosnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh para Babinsa dan Prabinsa Koramil 1304-05/Bone Pantai, dimana para Babinsa dan Prabinsa ini mendampingi sekaligus membantu para petani Kelompok Tani Maju Bersama di desa Tunas Jaya, Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bonebolango Minggu (6/9/2020).

Kegiatan pendampingan tersebut adalah penanaman bibit Tomat yang dilakukan di lokasi lahan yang berukuran sekitar 500 meter2 bertujuan memotivasi para petani desa Tunas Jaya sebagai salah satu upaya ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat dibidang ekonomi.

Babinsa Tunas Jaya, Serda Ismail Malla dalam kesempatannya memberikan keterangan, kelompok Tani Maju Bersama adalah salah satu kelompok tani yang rutin dan konsisten menjalankan program ketahanan pangannya, sehingga tak bisa dipungkiri bahwa kelompok Tani ini adalah salah satu yang terbaik di Kabupaten Bone Bolango.

Dikesemptan itu juga Serda Ismail Malla sedikit menjelaskan mengenai tanaman tomat yang dalam bahas latinnya Lycopersicon esculentum adalah tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan, yang idealnya ditanam pada kisaran suhu 20-270 derajat Celcius dengan curah hujan sekitar 750-1250mg per tahun.

“Ada varietas yang cocok di dataran tinggi seperti tomat berlian dan kada, ada yang cocok di dataran rendah dan ada juga yang bisa di datanam di lokasi keduanya seperti GH2 dan GH4”, terang Babinsa Ismail.

“Pemilihan jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karakteristik lokasi. Apabila lokasi kebun berada di dataran tinggi, maka pemilihan bibit baiknya varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitupun sebaliknya”, tambahnya.

Lebih lanjut Babinsa menambahkan bahwa bibit tomat bisa didapatkan dengan mudah di berbagai took penyedia saprotan. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *