Cegah Dan Tangkal Radikalisme/Separatisme, Kodim 1304 Laksanakan Komsos

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Guna memperkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila untuk mencegah ancaman dan bahaya Radikal serta dapat membekali generasi muda tentang pentingnya Ideologi Pancasila, Kodim 1304/Gorontalo menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (KOMSOS) Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme di wilayahnya bersama para Mahasiswa dan Pelajar SMU di Kota Gorontalo.

Bertempat di Aula Otanaha Makodim 1304/Gorontalo, kegiatan ini dibuka langsung oleh Dandim 1304/Gorontalo yang di dampingi langsung oleh Kasdim 1304 Kamis 25 Juni 2020, dimana kegiatan Komsos ini mengangkat tema ” Merawat Kebhinekaan untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme dalam Bingkai NKRI”.

Dandim 1304/Gorontalo, Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa dalam rangka mewujudkan suatu kemampuan untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya paham Radikalisme/Separatisme.

“Pembinaan Komunikasi Sosial ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” ujar Dandim.

Lebih lanjut, Letkol Allan Surya menambahkan, kegiatan pembinaan Komsos ini sebagai sarana dan prasarana untuk menjaga kebhinekaan, maka perlu dilaksanakan kegiatan yang melibatkan seluruh komponen bangsa yang termasuk didalamnya para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Hal ini agar tidak mempengaruhi para generasi muda terhadap ajaran-ajaran atau doktrin yang salah.

Pada kesempatan yang sama, Kasdim 1304/Gorontalo, Mayor Inf Julius Jongen Matakena juga menyampakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan  terbentuknya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya Radikalisme/Separatisme bagi para pelajar. Dengan demikian tidak dapat memecah belah persatuan dengan cara meningkatkan rasa kebhinekaan yang tinggi dan mendalam.

“Khususnya untuk para pelajar sekalian, saya menghimbau agar tidak ikut dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat anarkis seperti tawuran antar pelajar yang terjadi di daerah lai,” himbau Kasdim.

Penyelenggara kegiatan Komsos ini adalah Staf Teritorial Kodim 1304/Gorontalo, menindak lanjuti dan melaksanakan kebijakan pimpinan demi terciptanya situasi yang kondusif di masa pandemi seperti saat ini. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *