ESKALASI PENYEBARAN COVID 19 MENINGKAT, BABINSA HADIRI ACARA LOKAKARYA MINI

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Lokakarya Mini Lintas Sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas dibidang Kesehatan dimasa Pandemi Covud 19 saat ini.

Acara yang digelar Aula Hotel Rahmat, Kelurahan Heledulaa Utara, Kec. Kota Timur, Kota Gorontalo Senin (27/7/2020) merupakan kegiatan yang dilakukan setiap Triwulan untuk progam kesehatan pemantauan POA (Plan of Action) Puskesmas yang dilakukan setiap bulan secara teratur.

Empat anggota Babinsa 1304-02/Kota Selatan, Serma Anas Binol, Sertu Sudjono, Serda La Uru dan Koptu Haryono Subanomo ikut dalam acara tersebut yang dihadiri juga oleh Ibu Eladona Oktamina Sidiki (Camat Kota Timur) yang di dampingi Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kota, Kepala Puskesmas Kota Timur, Unsur Lurah , Unsur LPM dan Unsur PKK se-Kota Timur.

Pada kesempatan itu Bapak Nelson Panu yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota menyampaikan sambutan singkatnya, penyebaran covid 19 saat ini kembali meningkat dikarenakan oleh perilaku masyarakat yang mungkin menganggap bahwa covid 19 ini sudah tidak ada.

“Pemerintah Kota saat ini telah mengupayakan isolasi terpusat di Mess Haji tapi dari masyarakat yang terkonfirmasi positif tidak ingin diisolasi. Untuk itu kami menghimbau kepada Pejabat Lurah dan pihak terkait untuk mengupayakan warganya agar tetap memperhatikan sekaligus mengikuti prosedur protokol kesehatan”, ungkap Nelson dalam sambutannya.

Menyimpulkan beberapa penyampaian sambutan pada acara tersebut, Babinsa Anas Binol mengatakan bahwa terkait pandemi yang tengah dihadapi saat ini dan adanya penolakan masyarakat mengenai isolasi mandiri maupun pemakaman secara protokoler kesehatan adalah problem baru yang harus dihadapi bersama secara bijak.

“Menjelang Hari Raya Idul Adha, saya menghimbau kepada para petugas prmotongan hewan Qurban agar dilaksanakan pemeriksaan terhadap hewan Qurban dan dihimbau kepada petugas agar memakai Handscoon (Kaos Tangan)”, tutur Babinsa.

“Intinya, mari kita sama-sama mengikuti dan menjalankan himbauan dari pemerintah untuk melaksanakan protokol disiplin kesehatan disetiap melakukan kegiatan dalam bentuk apapun, terlebih saat ditempat umum. Bukan untuk kepentingan kelompok melainkan untuk kesehatan dan keselamatan bersama”, tambahnya.

Referensi kegiatan tersebut berpedoman pada Perencanaan tingkat Puskesmas, Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan RI tahun 2006. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *