Hadir di Setiap Kesulitan Warganya, Babinsa Gelar Aksi Bersih-bersih di Pesantren

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Bertugas sebagai aparat keamanan di desa binaannya, Babinsa juga sebagai ujung tombak dalam kegiatan teritorial yang merupakan salah satu tugas dan fungsi TNI di komando kewilayahan.

Beberapa kegiatan diantaranya yaitu Komunikasi Sosial, Pembinaan Teritorial dan Karya Bhakti, yang merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh seorang Babinsa  sebagai implementasi dalam tugas sehingga menyatu dengan rakyatnya.

Minggu (5/7/2020) tepatnya di Pondok Pesantren Sabrun Jamil, Desa Luwohu Kecamatan Botupingge Bonebolango, Danramil 1304-04/Tapa dan Danramil 1304-06/Suwawa bersama anggota Babinsanya melaksanakan kegiatan sosial dan juga amal yaitu kerja bhakti pembersihan pondok pesantren pasca banjir bandang yang melanda beberapa kecamatan di Wilayah Koramil Suwawa akibat hujan deras mengguyur Gorontalo selama hampir sehari yang kemudian diikuti dengan meluapnya air sungai bone sehingga mengakibatkan terendamnnya rumah-rumah penduduk.

Volume air yang cukup tinggi meggenangi semua ruangan yang yang ada di dalam pesantren. Lumpur tanah yang diseret oleh aliran air banjir juga ikut masuk disetiap sudut ruang kamar tidur santri, ruang masak maupun ruang ibadah.

Tidak ada korban jiwa dan kerugian materiil, namun genangan air yang cukup tinggi sehingga menyulitkan pihak pesantren saat mengevakuasi dan memindahkan barang-barang berharga yang ada di dalam pondok.

Saat sedang melaksanakan pembersihan, Danramil 06, Letda Inf Sampe Kamasa memberikan keterangan tentang kondisi warga pondok pesantren saat menghadapi bencana banjir ini. Ia mengatakan warga pondok pesantren secara psikis sangat kuat mentalnya ketika dihadapkan dengan musibah apapun.

“Saya yakin dengan landasan akidah agama yang mereka pegang teguh, menjadi alasan bagi para warga pesantren kuat dan sabar dalam menghadapi ujian berupa bencana ini”, ujar Danramil Sampe.

“Sedikitpun tidak terlihat kepanikan atau kekecewaan warga pondok pasca musibah banjir melanda. Mereka justru bersyukur Allah SWT masih memebrikan cobaan kepada manusia untuk senantiasa mengingat-Nya dan percaya akan kebesaran Allah sang Pencipta”, tambahnya.

Selama kegiatan pembersihan, para anggota Koramil ini dibantu oleh warga pesantren dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *