Luar Biasa ! Tak Hanya Dalam Tugas, Dandim-Kasdim 1304/Gorontalo Kolaborasi Ciptakan Lagu Protokol Kesehatan

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Siapa yang menyangka ketika dua Perwira menengah, Petinggi Kodim 1304/Gorontalo ini tak hanya berkarya dalam tugas negara. Akan tetapi disela waktu kedinasannya sebagai petinggi Kodim Gorontalo, ternyata memiliki bakat jiwa seni dalam menciptakan syair lagu.

Lagu yang berisi kalimat-kalimat himbauan  mewakili pemerintah Gorontalo adalah ide dan bentuk inisiatif dari Dandim dan Kasdim Gorontalo, dimana setiap syair dan bait lagu berisi lirik tentang ajakan mengikuti ketentuan disiplin protkol kesehatan.

Hal ini menjadi perhatian publik khususnya personel Kodim Gorontalo serta sebagian kecil warga Gorontalo dan mengundang reaksi positif berupa apresiasi dan kebanggaan atas kreatifitas yang yang ditunjukan oleh sang Komandan dan Wakilnya ini.

Saat ditemui di kantor Makodim 1304/Gorontalo, Kasdim Gorontalo, Mayor Inf Julius Jongen Matakena mengutarakan penulisan syair yang berujung menjadi lirik lagu ini hanya sebagai konsp tulisan yang mulanya akan disebarkan dalam bentuk pamplet dan disebarkan ke warga.

Namun ketika Letkol Inf Allan Surya Lesmana membaca untuk didisposisi kelanjutannya, justru mengubahnya menjadi satu gagasan untuk dinyanyikan dan diperdengarkan ke publik.

”Tadinya ini syair-syair adalah beberapa penggalan kalimat yang akan kami buat sebagian untuk pamplet dan rencananya untuk baliho juga. Ketika saya bersama Dandim mencoba menyalurkan ide masing, hingga akhirnya sama-sam kami putuskan untuk dibuatkan lirik lagu dan diaransemen oleh anggota kami sendiri,”ungkap Kasdim Julius.

Letkol Inf Allan Surya Lesmana juga memberikan pernyataan yang sama dimana Ia mengatakan hal ini bukan sekedar berkreatifitas dalam seni semata. Akan tetapi bagaimana cara kita melahirkan ide-ide baru dalam mengkombinasikan karya seni dengan komunikasi sosial sehingga penyampaian himbauan, saran dan ajakan yang bermanfaat bai orang banyak dapat tersampaikan ke khalyak atau publik.

“Lagu ini kami buat sesederhana mungkin namun harapannya apa yang menjadi pesan dalam lagu ini dapat dipahami dan diserap oleh pendengar maknanya. Dan judulnya pun kami buat unik, simple dan sinkron dengan situasi pandemi covid-19 yang sampai saat ini tengah kita hadapi,” jelas Dandim Allan.

Diketahui lagu ini diberi judul “Gorontalo Bisa (Covid-19)”, yang di aransemen oleh salah satu anggota Kodim 1304/Gorontalo sendiri, dinyanyikan oleh Norman Kamaru bersama Serma Marjun dan sudah dipublikasikan oleh Koramil-koramil jajaran saat mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan di wilayah territorial Kodim Gorontalo. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *