PANGDAM XIII/MERDEKA “PAM VVIP TIDAK ADA ISTILAH GAGAL”

Bertempat di Lapangan Apel Makorem 133/Nani Wartabone Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang selaku Panglima  Komando Operasi Pengamanan VVIP melaksakan pengecekan kesiapan Personel dan Materiil pada kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI beserta robongan di Provini Gorontalo.(28/2/2019). Sebanyak 2028 personel baik dari unsur TNI maupun POLRI menggelar seluruh kekutan personel maupun materiilnya untuk menjamin keamanan selama kunjungan Presiden RI beserta rombongan di wilayah Provinsi Gorontalo. Apel Gelar Pasukan Pengamaanan kunjungan kerja ditujukan untuk mengecek kesiapan satuan tugas pengamaan VVIP baik secara organisasi, kesiapan personel, meteriil, alat perlengkapan maupaun sarana pendukung lainya.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menekankan bahwa pengaman VVIP terhadap Presiden RI beserta Rombongan selama kunjunganya di Wilayah Provinsi Gorontalo tidak ada istilah gagal, karena ini bukanlah merupakan latihan kalo latihan masih bisa di ulang – ulang namun ini tidak ada. Pengamanan ini merupakan tugas kehormatan yang harus kita jaga dengan penuh tanggung jawab. Kunjungan Presiden RI di Provinsi Gorontalo harus berjalan dengan aman tertib dan lancar mari kita tunjukkan bersama bahwa aparat negara di sini yaitu  TNI – POLRI dan Pemerintah daerah yang berada di Provinsi Gorontalo mampu bersinergi dengan baik dan bekerja secara Provesional, keselamatan kepala negara adalah kehormatan dan harga diri suatu bangsa karena Presiden maupun Wakil Presiden merupakan representasi negara sehingga perlu mendapatkan pengamanan secara khusus. Tidak boleh sesuatu yang menggangu kunjungan kerja apapun bentuknya kunjungan bapak Presiden RI dan rombongann harus dapat kita pastikan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar baik selaman kegiatan kunjugan sampai dengan kembalinya beliau ke Jakarta. Saya berharap bahwa seluruh personel satuan tugas pengamann VVIP benar – benar siap melaksanakan tugas negara ini, terlebih terhadap kemanan Presiden beserta keluarga.

Dalam pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI dan Rombongan di wilayah Provinsi Gorontalo selain personel Satpur dan Satbanpur dari unsur militer Personel Babinsa baik dari Jajaran Kodim 1304/Gorontalo dan Jajaran Kodim 1313/Pohuwato juga terlibat dalam pengamanan ini. Mereka akan mengisi Pengaman Ring II di setiap sektor wilayah yang akan dikujungi Presiden RI beserta rombongan. Dalam penekanannnya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyampaikan bahwa Pertama Siapkan mental fisik dan disiplin, kedua Hindari tindakan yang tidak simpatik arogan, sok kuasa dan tidak mencerminkan perilaku seorang aparat negara, Ketiga waspadai dan monitor daerah – daerah rawan untuk mengantisipasi penangan secara terpadu dan lintas sektoral, Keempat bertindak secara sigap, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan serta penuh perhitungan  terhadap setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan ancaman, Kelima pelihara kebersamaan dan tingkatkan jerjasama serta kordinasi antara prajurit TNI – POLR dan unsur pemerintah daerah yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan.

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *