Peka dan Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Babinsa Mengajar di SMK Bulango Selatan

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Ingin mencerdaskan anak bangsa dan peduli akan pendidikan adalah prinsip yang selalu ditanamkan oleh Serda Yusak Odi, Babinsa Koramil 05/Tapa ini.

Bukan karena kekurangan tenaga pengajar, namun dengan alasan untuk meningkatkan wawasan kebangsaaan dan disiplin para pelajar SMK 1 Bulango Selatan memicu minat Serda Yusak mengajar dan berbagi pengetahuan kepada para siswa/siswi tersebut.

Memang diketahui bahwa pelajaran wawasan kebangsaan dan disiplin melalui materi baris-berbaris di sekolah itu tidak rutin diajarkan dan tidak masuk dalam kurikulum mata pelajaran. Akan tetapi menurut Babinsa Yusak materi semacam ini juga sangat perlu diterapkan kepada para anak-anak pelajar jaman sekarang.

Alasan lain juga disampaikan Babinsa bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembinaan territorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat  yang berada di wilayah binaannya.

Secara edukatif dalam materi yang disampaikannya Babinsa mengutarakan niatnya mengajar merupakan salah satu cara untuk memotivasi siswa dalam kegiatan belajar, menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri kepada siswa dengan melaksanakan tugas pembinaan karakter dan disiplin siswa serta ingin menjalin kedekatan sosial dengan anak-anak pelajar.

Dihadapan para siswa sambil memberikan materi, Serda Yusak  sedikit menyampaikan dijaman yang sudah maju seperti saat ini, agar mempergunakan kesempatan untuk menimba Ilmu yang bermanfaat sebanyak-banyaknya agar tidak merugi dikemudian hari.

“Orang tua kita susah payah mencari uang menyekolahkan adik-adik, maka sebagai bentuk bakti kita terhadap mereka adalah membalasnya dengan semangat belajar yang tinggi agar dapat membanggakan mereka dan keluarga”, tutur Serda Yusak.

Isi materi yang disampaikan oleh Yusak diantaranya wawasan kebangsaan dimana memiliki pengertian sebagai cara pandang diri dan tanah airnya, sebagai negara kepulauan, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam rangka penyelenggaran kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat.

Ketika ditemui setelah kegiatan belajar mengajar, Babinsa Yusak mengungkapkan bahwa Kodim 1304/Gorontalo dalam hal ini melalui para Babinsa akan selalu siap membantu sekolah-sekolah dalam pembinaan watak dan karakter siswa agar mereka nantinya menjadi generasi penerus yang memiliki semangat dan rasa percaya diri menghadapi perkembangan masa secara global. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *