Pemda Prov. Gorontalo dan Jajaran Kodam XIII/Mdk Canangkan Kegiatan Program Padat Karya Untuk Kesejahteraan Masyarakat Gorontalo

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni melaksanakan Kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo pertama kalinya (Sabtu 12 Mei 2018). Bukan tanpa tujuan, Namun ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Kodam XIII/Mdk untuk melaksanakan kegiatan Karya Bhakti dalam bentuk Program Padat Karya yang merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh aparat komando kewilayahan Jajaran Kodam XIII/Mdk dalam hal ini sebagai pelaksana Program yaitu Kodim 1304/Gorontalo dibawah kepemimpinan Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos Dandim 1304/Gorontalo untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Suyra Lesmana, S.Sos menjelaskan bahwa  jajaran Kodim 1304/Gorontalo dalam kegiatan Padat karya ini akan melaksanakan kegiatan yang Pertama yaitu : penyediaan Rumah Hunian Layak bagi masyarakat miskin dan membanngun 600 unit rumah permanen sederhana degan ukuran 30 M2, dalam pelaksanaanya dilakukan secara bertahap di 6 Kabupaten dan Kota, pada tahap pertama sejumlah 238 dan tahap kedua sejumlah 382 Unit. Kemudian yang Kedua Kodim 1304/Gorontalo juga melaksanakan kegiatan Pengembangan Pertanian Berbasis Konservasi dalam upaya mengurangi erosi tanah melalui kegiatan terasering seluas 14 H, penanaman tanaman pembangunan terasering dan pengolahan tanah dengan sistem TTOT (Tanah Tanpa Olah Tanah) di 6 Kabupaten dan Kota.

Dalam Kunjungannya Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Madsuni bersama Gubernur Provinsi Gorontalo Drs. Rusli Habibie, M. AP berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan Peletekan Batu pertama Program Penyediaan Rumah Hunian Layak Bagi Masyarakat Miskin Di Wilayah Provinsi Gorontalo Tahun 2018 (Sabtu/12/5/ 2018), kegiatan ini dilaksnakan di Desa Talumelito Kec Telaga Biru Kab Gorontalo. Sambutan Drs Rusli Habibie MAP ( Gubernur Gorontalo ) pada kegiatan ini Alhamdulillah pada tahun ini kita dapat mengelola Rumah hunian idaman Rakyat dan sejak tahun 2012 saya di lantik sebagai gubernur dan pada tiap tahun kami memberikan subsidi rumah sebanyak 1000 rumah dan tahun demi tahun kita anggarkan sebanyak 31 Juta per rumah. Dan pada tahun ini kita coba kerja sama dengan TNI dan Polri dalam penyaluran Mahyani dan kami berharap pada saat lebaran tahun ini sudah bisa di nikmati oleh masyarakat penerima Mahyani.

Kemudian pada kegatan Pencanangan Program Kegiatan Padat Karya Kerjasama Kodam XIII / Merdeka dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di Desa Ayumolingo Kec. Pulubala Kab. Gorontalo. Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Madsuni berkesempatan untuk memberikan samutan yang pada intinya yaitu : Selaku Pangdam XIII/Mdk yang Baru, ini merupakan suatu Kehormatan bagi kami dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Jajaran TNI. Pangdam XIII/Mdk juga sempat mengucapkan selamat atas kepemimpinan Gubernur Gorontalo yang sudah berjalan selama 6 tahun ( Periode 2 ), semoga Gorontalo kedepan semakin sukses, berjaya dan masyarakat semakin sejahtera. Adanya kerjasama antara TNI dan pemeringah Prov Gorontalo dengan dengan ditanda tanagani Nota Kesepahaman yang hari ini sudah tahap pelaksanaan, saya yakin proyek padat karya dan dukungan semua stakeholder yang ada disini dapat berjalan sesuai perencanaan dan bermanfaat untuk kesejahtraan rakyat. Karya Bakti dalam bentuk Program padat karya merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh Aparat Komando Keeilayahan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan taraf Kesejahteraan Masyarakat , sekaligus mengugah dan memupuk komitmen pesatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat melalui hidup tolong menolong, gotong royong yang didasari kesetia kawanan, kekeluargaan dman toleransi yang tinggi di atas keberagaman. Melalui Prorgram Padat Karya ini, diharapkan akan terwujud kondisi lingkungan yang memiliki ketahanan wilayah bidang ekonomi dan keamanan, menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan Bernegara serta terwujudnya kemanunggalan TNI dan masyarakat.

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *