PERSONEL KODIM 1304/GORONTALO DAN PEMKOT GORONTALO GELAR JUMPA BERLIAN

Kota Gorontalo 13/4/2019. Kodim 1304/Gorontalo dan Pemerintah Kota Gorontalo menggelar kegiaatan Jumpa Berlian (Jumat Pagi Bersih lingkungan) bertempat di Pasar Central Kota Gorontalo Jln Samratulangi Kelurahan  Limba U Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh personel Babinsa Kodim 1304/Gorontalo wilayah Kota Gorontalo dan  Para ASN Kota Gorontalo serta Komunitas Peduli sampah Kota Gorontalo. H.marten taha SE.M.Ec Wali Kota Gorontalo berkesempatan untuk membuka kegiatan ini. Jumpa berlian merupakan bentuk kerjasama gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan yang diartikan bahsa gorontalo yaitu gotong-royong “Mohuyula”menjadi tema yang di pilh oleh Walikota Gorotalo yaitu “Mohuyula” Benahi Kota Rumah kita bersama”

H.marten taha SE.M.Ec Wali Kota Gorontalo dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Sampah juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup dimana ketika kita membuang sampah sembarangan di ruang terbuka yang menimbulkan penumpukan sampah akan berakibat pencemaran baik itu tanah, air, maupun udara. Saat ini Indonesia merupakan negara yang dengan penduduk terbanyak ke empat di dunia dengan total penduduk sebayak 237 juta,di perkirakan jumlah penduduk ini akan bertambah menjadi 270 juta pada tahun 2025 dengan jumlah penduduk sebanyak itu diperkirakan akan menghasilkan sampah sebanyak 130.000 ton per hari ini merupakan potensi besar sebagai sumber daya bahan yang dapat didaur ulang sumber energi dan lain-lain tetapi saat ini sebagai besar masih menjadi sumber penyebab polusi.

Adapun Tujuan kegiatan ini dilaksananakan untuk Mewujudkan Kota Gorontalo peduli sampah melalui pelaksanaan 3R(Reduce, Reuse & Recycle), Mendorong seluruh masyarakat membudayakan 3R dengan mengelola sampah dimulai dari diri sendiri. Mengubah cara pandang masyarakat bahwa sampah adalah sumberdaya yang berguna dan bermanfaat. Menurunkan timbulan sampah dengan target sampah terolah 3 R minimal sebesar 20% pada tahun 2019. Menurunkan emisi gas rumah kaca yang bersumber dari sektor sampah sebesar 6% sampai 2020. Membangun kerjasama strategis para pemangku kenentingan dalam pengelolaan sampah undang-undang Nomor 18 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah.

Kegiatan Mohuyula ini Personel Kodim 1304/Gorontalo bersama para ASN dan Komunitas peduli sampah Kota Gorontalo melaksanakan bersih sampah yang ada di saluran saluran di kota gorontalo ini merupakan simbol,yang terpenting adalah masing masing kita mulai meyadari menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita. kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan optimisme masyarakat dengan meningkatkan kesadaran dan bekerjasama mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai mewujudkan Kota Gorontalo yang bersih sehat dan bebas sampah tahun 2021. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bukan berarti perjuangan kita selesai, tetapi Iebih dari itu, mari kita membudayakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan Iingkungan terdekat.

Kegiatan Jumpa Berlian ini juga bertujuan untuk merangsang atau menginspirasi masyarakat agar membudayakan hidup bersih dan selalu bergotong royong dalam hidup bermasyarakat. Menjadi salah satu dari sekian tanggung jawab dan tugas Babinsa (Bintara Pembina Desa) yaitu mampu memberi contoh dan menumbuhkan serta menguatkan kembali budaya gotong  royong didalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, manfaat gotong royong diantaranya adalah sebagai berikut yaitu Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyaraka Gotong royong mampu memupuk rasa Senasip sepenanggungan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan sehingga pertahanan suatu negara tergantung dari persatuan dan kesatuan warga negara itu sendiri.

Kasdim 1304/Gorontalo Mayor Inf M Taufiq Nur Buhang, S.E. juga menambahkan bahwa kegiatan Jumpa berlian ini adalah kegiatan untuk mendidik masyarakat agar membiasakan hidup bersih, sehat dan Rapi. Lingkungan yang bersih dan rapi akan memberikan banyak dampak pisitif bagi kehidupan manusia selain kita nyaman tinggal di wilayah yang bersih dan rapih kita otomatis akan terhindar dari penyakit selain itu pikiran dan hati kita akan tenang dan nyaman ketikan kita berada di lingkungan yang bersih dan rapih. Lingkungan Asrama maupun Kantor TNI sangat diharamkan utuk tidak bersih dan rapi maka dari itu kami sebagai Pembina Masyarakat memberikan contoh dan mengajak seluruh masyarakat agar membiasakan hidup sehat dan rapih.

(Red-1304-Taufik)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *