Pulihkan Kondisi Pasar, Dandim 1304/ : “TNI Manunggal Tepat di HUT Kodam XIII/MDK”

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Pasca Banjir yang melanda sebagian wilayah Kota Gorontalo dan Kabupaten Bonebolango, personel TNI dari Korem 133/NWB beserta satuan jajaran yaitu Kodim 1304/Gorontalo dan Yonif 713, bersama Gubernur, Wali Kota Gorontalo, Dinas PU, personel Lanal Kota Gorontalo dan sejumlah anggota Brimob juga Satpol PP Kota Gorontalo, diturunkan ke lokasi Pasar Rakyat kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya, melaksanakan karya bhakti dalam rangka pembersiahan dan pembenahan pasar, Selasa 16 Juni 2020.

Karya Bhakti sekaligus kegiatan kunjungan Gubernur bersama Danrem 133 ini didahului oleh kedatangan Walikota dan Dandim 1304/Gorontalo, yang membawa sejumlah personel masing-masing Kodim Gorontalo 50 orang, BPBD Kota 40 orang dan Tagana 60 orang.

Tiba sekitar pukul 06.15 wita, Dandim dan walikota berkoordinasi cepat dan segera membagi sektor kerja tiap-tiap anggotanya di area pasar maupun rumah-rumah warga sekitar.

Aktivitas pasar saat personel dikerahkan, belum terlihat ramai dan hanya ada beberapa warga pedagang saja yang berjualan, disebabkan kondisi pasar saat ini belum pulih normal secara operasional dan bisa dikatakan masih kotor juga terlihat kumuh akibat banjir yang menggenangi lokasi tersebut.

Pembagian sektor kerja pembersihan tidak dilaksanakan secara terpisah antar instansi, melainkan dilebur menjadi satu kemudian diabagi ke titik lokasi yang telah ditentukan.

Sasaran pembersihan antara lain akses jalan keluar/masuk pasar yang masih tergenang lumpur dan air, area dalam pasar, tempat-tempat pembuangan sampah serta rumah warga sekitar pasar yang terdampak akibat banjir.

Pada kesempatan itu Dandim 1304, Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos memberikan keterangan kepada media,  kegiatan kharya bahkti ini dilaksanakan bukan hanya semata-mata untuk mengembalikan kondisi pasar seperti semula, namun juga menunjukan kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa di Gorontalo TNI-POLRI, Pemerintah Daerah dan Rakyat bisa bersatu dan bersama-sama dalam mengahadapi, menanggulangi serta memulihkan kondisi daerah akibat bencana yang melanda disaat situasi pandemi covid-19.

“Tujuan lain dari kegiatan ini adalah salah satu wujud kepedulain untuk membangun soliditas dan sinegitas prajurit TNI dengan aparat pemerintah serta komponen masyarakat lainnya guna mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat yangbselama ini terjalin dan terbina baik, “tegas Dandim.

Walikota juga menyampaikan hal yang serupa dimana ia mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI dan POLRI yang senantiasa selalu hadir disetiap kesulitan rakyat. Apresiasi yang ia sampaikan mewakili seluruh warga masyarkata Kota Gorontalo terutama warga yang terdampak banjir.

Ditempat yang berbeda, Gubernur Rusli Habibie yang didampingi Danrem 133 Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito saat di wawancarai media di Rujab Gubernur mengutarakan, Gorontalo saat ini tengah menghadapi dua problem yang berbeda secara yaitu Banjir yang telah melanda 2 wilayah kabupaten dan kota serta Covid-19 yang masih ditangani hingaa saat ini.

“Dengan alasan ini saya berkoordinasi dengan Bapak Kapolda dan Bapak Danrem 133/NWB untuk melaksanakan satu kegiatan penanganan sekaligus pemebersihan pasca banjir di wilayah Kota Gorontalo, yang pada hari ini kita laksanakan di lokasi Pasar Kamis Kelurahan Bugis, Dumbo Raya,” tutur Gubernur Rusli (saat Apel Gabungan)

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan kepada kepada seluruh aparat TNI yang hadir, rasa terimakasih serta apresiasinya dan mengucapkan Dirgahayu ke 62 Kodam XIII/Merdeka, tetap jaya dan sukses selalu dalam tugas-tugasnya.

Karya bhakti yang dilaksanakan oleh TNI-POLRI bersama elemen masyarakat pada hari ini, bertepatan dengan HUT Kodam XIII/MERDEKA yang ke 62. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *