SPONTANITAS DAN GERAK CEPAT KODIM 1304/GORONTALO BANTU WARGA, KETIKA BENCANA.

Kodimgorontalo.com, GORONTALO – Gorontalo dikenal merupakan salah satu wilayah utara Sulawesi yang rawan bencana jika diguyur hujan, kembali dilanda banjir bandang yang menerjang empat desa sekaligus di kecamatan Bulawa, Bonebolang pada Senin (7/9/2020), sekitar pukul 20.00 WITA.

Empat desa yang menjadi sasaran banjir bandang itu antara lain Kaidundu Barat, Mopuya, Mamungga dan Mamungga Timur sehingga mengakibatkan kerugian materiil berupa kerusakan sejumlah unit rumah warga terendam lumpur, rusak dan bahkan rusak berat.

Menurut laporan dari pihak Koramil 1304-05/Bonepantai dalam hal ini Danramil Letda Inf Zen Maksud, sedikitnya ada dua unit rumah yang mengalami kerusakan berat akibat terjangan banjir tersebut, tepatnya di desa Kaidundu Barat.

Selain itu, berdasarkan data terakhir dari para Babinsa yang dikerahkan di lokasi banjir, 59 unit rumah juga rusak di desa Mopuya dan Mamungga Timur, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Dandim 1304/Gorontalo, Letkol Czi Donny Ardiwidha, M. Hanyang ketika mendapat informasi langsung dari Danramilnya, segera menginstruksikan untuk mengerahkan personel Babinsa dan Prabinsanya di lokasi tersebut.

Perintah tersebut direspon cepat oleh Danramil 05 dengan menurunkan semua Babinsa dan Prabinsanya yang senantiasa selalu siap siaga dalam penanganan banjir menuju lokasi yang dimaksud, guna perbantuan penanganan dan penanggulangan bencana di wilayahnya, setelah banjir mereda.

Tepatnya pukul 06.10 WITA, para Babinsa dan Prabinsa yang diterjunkan, sudah berada dilokasi bencana dan langsung dibagi kelompok, diarahkan kelokasi desa-desa yang terdampak.

“Pihak kami disini tak sendiri, melainkan beberapa Bhabinkamtibmas dan para aparat kecamatan diketuai langsung oleh Camat Bulawa. Oleh karenanya, kami sangat prihatin dan tak mau menunggu lama, spontan membagi tugas dalam kegiatan perbantuan terhadap warga yang mengalami musibah alam ini”, tegas Danramil Zen.

Upaya lain yang dilakukan oleh Kodim 1304/Gorontalo melalui Dandim, adalah mendirikan mendirikan Posko Kesiap Siagaan Bencana di Lokasi yang dijadikan Penampungan warga, bertujuan agar aparat TNI dan POLRI, ada setiap saat di lokasi untuk melayani warga korban bencana. Bila ada yang membutuhkan bantuan atau kordinasi bisa terealisasi dengan cepat danbtepat dalam penanganan.

Hingga saat ini Koramil 05 bersama Polsek dan pihak kecamatan bekerja bhakti di lokasi bencana serta terus melakukan upaya bantuan kemanusiaan terhadap korban bencana banjir, dengan cara membuat Posko kesehatan dan dapur lapangan di desa Mamungga.

Melalui Danramil, Dandim Letkol Donny akan selalu berupaya tercepat dalam penanganan bencana. Dan kerja keras dari pihak Kodim 1304/Gorontalo sangat dirasakan kehadiran serta perhatiannya oleh masyarakat.

Bantuan logistik lainnya juga diberikan oleh pemerintah Bone Bolango melalui TNI dan POLRI kepada warga korban bencana, sedikit banyaknya dapat meringankan beban yang mereka rasakan ketika dilanda musibah. (Red-1304-Dzun)

Bagikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *